Posted by : yeptaenta Senin, 10 Juni 2013

Bermain Harmonika
Bermain harmonika bagi kebanyakan orang sepertinya kelihatan mudah karena hanya dengan meniup dan menyedotnya saja harmonika bisa menghasilkan nada-nada yang indah. Namun jangan disepelekan pula karena pada kenyataannya bermain harmonika tidak semudah seperti yang dibayangkan, dibutuhkan latihan dan kegigihan dari pemainnya untuk memainkan alat musik mungil ini.
Tidak hanya dengan sekadar meniup atau menyedotnya, kita bisa memainkan sebuah irama atau lagu yang merdu jika didengarkan. Bahkan jika kita memainkannya tetapi tidak tahu cara bermainnya, bisa-bisa kita akan mendapatkan hadiah sandal gratis dari orang yang mendengarkan permainan harmonika kita (baca: dilempar sandal)
Pertama-tama sebelum kita serius ingin belajar bermain harmonika, kita harus mempunyai harmonika dulu (bisa sih pinjam, tapi apa gak malu pinjam terus? hehe..). Ambillah sebuah harmonika, mainkan dengan cara tiup dan sedot untuk mendapatkan soulnya. :)
Oh ya, harmonika yang jadi tutor di sini adalah harmonika jenis diatonik kunci C yang lazim digunakan untuk para pemula.
Kemudian kita harus tahu cara memegang harmonika-nya. Sebenernya sih terserah kita mau megang harmonika seperti apa, yang jelas kita ngerasa nyaman ketika kita memainkannya.












Seperti yang telah disebutkan di atas, bermain harmonika tidak asal tiup-sedot saja karena ada rumus tersendiri untuk memainkannya.
Kita andaikan nada2 dg angka do=1, re=2, mi=3, dst.. jika T=Tiup S=Sedot maka dalam 1 tangga nada punya rumus T-S-T-S-T-S-S
Jadi dalam prakteknya untuk memainkan 1 tangga nada pada harmonika adalah dengan cara T-S-T-S-T-S-S dengan catatan T=Tiup, S=Sedot
Dimulai dari lubang mana? karena yang menjadi tutorial adalah harmonika diatonik kunci C maka rumus diatas dimulai dari lubang ke-4 (beda kunci, beda pula letak nada yang dimainkan)
Pada dasarnya harmonika diatonik terdiri dr 10 lubang dengan 3 bagian nada (low, middle, high) not dengan catatan --> low = nada bass, middle = nada normal, high = nada tinggi

Untuk lebih jelasnya mengenai tangga nada pada harmonika bisa dilihat pada diagram harmonika (tab not) berikut

Khusus pada harmonika diatonik ini, tidak semua nada dapat dimunculkan seperti 1 tangga nada utuh pada bagian middle tone (nada normal). Ada beberapa nada yang hilang yang cara mencarinya dibutuhkan teknik bending yang akan kita pelajari pada bagian berikutnya.
Bagaimana sahabat #harmonicalovers? cukup mudah kan sebenarnya bermain harmonika itu? Hanya dengan cara rutin bermain harmonika dan latihan secara kontinyu bisa membuat kita mahir untuk bermain harmonika.

Masih bingung ya?
kalau punya facebook, join aja di grup https://www.facebook.com/groups/pencintaharmonika/
atau kalau kamu twitter addict, follow twitternya di http://www.twitter.com/user/harmonicalovers
follow twitter juga @mendieyepta
dikutip dari berbagai sumber

- Copyright © 2013 My'Soul - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -